Apa itu server ?

Assalamu'alaikum wr wb
disini saya akan sharing tentang apa itu server ?
  • Judul 
Pengertian Server

  • Pengertian
  Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan (service) tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan (network operating system).

  • Latar belakang
ingin menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya contoh sepertihalnya berkas atau pencetak, dan memberikan akses kepada stasiun kerja anggota jaringan

  • Maksud dan tujuan
Memahami tentang kegunnaan server dan fitur fiturnya
  • Hasil yang diharapkan
Dapat memahami tentang Kegunaan server
  • Alat dan bahan
Koneksi internet
laptop
  • Langkah kerja
 server adalah program komputer atau perangkat yang menyediakan fungsionalitas untuk program atau perangkat lain, yang disebut "klien". Arsitektur ini disebut model client-server, dan perhitungan keseluruhan tunggal didistribusikan ke beberapa proses atau perangkat

Sistem client-server saat ini paling sering diimplementasikan oleh (dan sering dikenali dengan) model request-response: klien mengirimkan permintaan ke server, yang melakukan beberapa tindakan dan mengirimkan tanggapan kembali ke klien, biasanya dengan hasil atau pengakuan. . Menunjuk komputer sebagai "perangkat keras kelas server" menyiratkan bahwa khusus untuk menjalankan server di dalamnya. Ini sering kali menyiratkan bahwa ini lebih kuat dan dapat diandalkan daripada komputer pribadi standar, namun sebagai alternatif, cluster komputasi yang besar mungkin terdiri dari banyak komponen server yang relatif mudah diganti.

Jenis-jenis server:


1. SSH Server (Secure Shell)
Apalikasi server yang digunakan untuk meremote server atau eksekusi program.
2. DNS (Domain Name Server)
Aplikasi service di internet yang menterjemahkan sebuah domain name ke IP address dari FQDN (Fany Qualified Domain Name).
3. WEB Server
Perangkat lunak server yang berfungsi sebagai menerima permintaan HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) dari client,dikenal dengan web browser dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk dokumen web (html).
4. DHCP Server (Dynamic Host Configuration Protocol)
Protocol yang berbasis arsitektur client atau server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian IP address dalam jaringan.
5. Mail Server
Perangkat lunak program yang mendistribusikan file atau informasi sebagai respons atau permintaan yang dikirim via email,juga pada bitnet untuk layanan seperti FTP (File Transfer Protocol).
6. Proxy Server
Teknik standar untuk akses internet secara bersama-sama oleh beberapa komputer sekaligus dalam jaringan LAN (Local Area Network) melalui sebuah modem atau saluran komunikasi.Fungsi proxy server yakni untuk menyimpan riwayat akses halaman web dan security atau blocking untuk situs tertentu.
7. Samba Server
Sebagai jembatan untuk menghubungkan dua sistem operasi berbeda dan digunakan untuk transfer data.
8. FTP Server
Untuk sharing file pada jaringan server atau client yang support TCP/IP,Fungsi FTP server yakni sharing data,menyediakan layanan mdirect atau implicit remote PC,menyediakan tempat bagi user,dan menyediakan transfer data reliable dan efisien.
9. Server Aplikasi (Application server)
 server yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh client, server data sendiri digunakan untuk menyimpan data baik yang digunakan client secara langsung maupun data yang diproses oleh server aplikasi. 2.
10. Server Data (Data Server)
program komputer yang menyediakan layanan data lainnya ke komputer atau program komputer, seperti yang ditetapkan oleh model klien-server. Istilah ini juga merujuk kepada sebuah komputer yang didedikasikan untuk menjalankan program server database 
11. Server Proxy (Proxy Server).
  sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet. Proxy Server bertindak sebagai gateway terhadap dunia ini Internet untuk setiap komputer klien.

Fungsi server :
Tugas utama server adalah melayani komputer client, dan di bagi menjadi beberapa fungsi sesuai dengan jenis server, berikut penjelasannya

  1. Melakukan penyimpanan file yang secara bersama digunakan pada hardisk
  2. Mengelola komunikasi antar workstasion seperti mengatur pesan, email dan sebagainya.
  3. Mengatur percetakan pada printer yang digunakan bersama.
  4. Server bisa digunakan untuk menyimpan CD room para pengguna jaringan.
  5. Pada faktanya, server bisa digunakan untuk berbagai keperluan mengirim data, biasanya dengan melakukan tambahan perangkat software maupun hardware yang digunakan.
  • Hasil yang didapat
dapat memahami sebagian dari server
  • Temuan permasalahan
---------------------------------------------------------
  • Kesimpulan 
Apabil kita mengalami kesulitan kita harus mempelajarinya dan membaca bila belum paham  kita harus peka terhadap sekeliling kita dan bertanya kepada orang yang kta percayai
  • Refrensi 
blog.dimensidata.com  
https://en.wikipedia.org/wiki/Server_(computing) 

Sekian dari saya
Wassalamualaikum wr wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Installasi Dan mengisi Wordpress Di Debian server 8.6.0

Cara Mengatasi GNS3 Yang Tidak bisa dibuka

Melakukan resert Mikrotik dengan Aplikasi NETINSTALL