Pengertian domain dan jenisnya

assalamu'alaikum wr wb
disini saya akan sharing tentang apa itu nama nama domain










  • Judul 
Pengertian domain dan Jenis-jenis domain
  • Pengertian
domain  adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet.nah itu tadi pengertian dari domain,bagaimna bisa setiap hari anda ngomongin com,web,co.id,dll tapi tidak tau artinya nah simak saja kelanjutannya .

Fungsi
Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website. 

  • Latar belakang
Memahami tentang domain
  • Tujuan dan maksud
banyak orang yang selalu ngomongi domain tapi tidak tau apa itu domain ,saya akan membantu tentang mengetahui domain-domainnya dan pengertian dari domain tersebut.

  • Hasil yang diharapkan
Dapat memahami tentang domain dan jenis domain

  • Alat dan bahan
Koneksi internet
Laptop

  • Jangka waktu
50 menit

  • Langkah kerja 
COM
Singkatan dari Commercial (komersial, bisnis).
Awalnya, nama domain dot com diperuntukkan untuk nama-nama komersial atau lembaga bisnis, seperti singkatannya: commercial, seperti nama perusahaan, nama produk, hingga nama-nama merek.
Namun, nama domain ini dapat digunakan untuk keperluan apa saja, misalnya untuk nama seseorang, produk, lembaga, dan sebagainya. Tidak ada larangan dan batasan untuk dapat menggunakan domain ini karena dapat didaftarkan tanpa persyaratan khusus.

NET
Singkatan dari Network atau Networking, yang artinya jaringan. Nama domain ini diperuntukkan untuk nama-nama yang berhubungan dengan jaringan, perusahaan-perusahaan komputer, IT, layanan-layanan internet dan sejenisnya. 
Namun, pada umumnya nama domain ini juga dapat digunakan untuk apa saja, seperti halnya dot com, karena dapat didaftarkan tanpa dengan pesyaratan khusus. Biasanya, jika dot com sudah diambil orang, maka ada pilihan mengambil yang dot net-nya.

ORG
Singkatan dari Organization (organisasi). Nama domain ini sangat pas bila digunakan untuk website organisasi, lembaga, atau perkumpulan. Tidak ada pesyaratan khusus untuk mendapatkan domain dot org karena sama dengan dot com dan dot net. 
Meski boleh dipakai untuk website apa saja, termasuk website pribadi, namun umumnya dot org digunakan untuk website lembaga. Jarang sekali ada website pribadi menggunakan nama domain dot org.

BIZ
Singkatan dari Business (bisnis, usaha). Meski boleh dipakai untuk website apa saja, tapi nama domain ini lebih cocok untuk hal-hal yang berhubungan dengan bisnis atau lembaga usaha, termasuk toko online. Nama domain ini juga bisa dijadikan salah satu alternatif bila nama domain .COM atau .NET atau nama domain lainnya sudah dimiliki orang lain.

INFO
Singkaran dari Information. Bisa dipakai untuk website apa saja, termasuk blog pribadi. Namun, nama domain dot info ini lebih cocok untuk sesuatu yan sifatnya informasi. Misalnya, kesehatan.info, lalulintas.info, dan sebagainya. Tidak ada persyaratan khusus untuk membeli domain dot info.

CO.ID
Singkatan dari Company Indonesia, perusahaan Indonesia. Dari namanya saja sudah jelas, domain yang dibacanya "dot ko dot aidi" ini diperuntukkan bagi website perusahaan, juga nama produk, maupun merek yang memiliki identitas Indonesia. 
Ada syarat khusus untuk menggunakan nama domain co.id, yaitu fotokopi KTP penaggung jawab, SIUP/TDP, NPWP, dan Akta Notaris. 

OR.ID
Singkatan dari Organization Indonesia, organisasi Indonesia. Sudah jelas, nama domain ini untuk nama organisasi di Indonesia, seperti ormas, parpol, LSM. Ada syarat khusus untuk bisa menggunakan domain or.id, yaitu foto kopi KTP penganggung jawab, Akta Notaris, dan SK Internal Organisasi. 
AC.ID
Singkatan dari Academy Indonesia, akademi Indonesia. Nama domain ini untuk website lembaga pendidikan (akademi), khususnya perguruan tinggi, sekolah tinggi, atau universitas. Ada syarat khusus untuk menggunakannya, yaitu foto kopi KTP penanggung jawab, SK Depdiknas Pendirian Lembaga dan SK Pengangkatan Rektor/Pimpinan. 

SCH.ID
Singkatan dari School Indonesia, sekolah Indonesia. Nama domain khusus untuk sekolah SD hingga SMA/SLTA. Syaratnya: foto kopi KTP penanggung jawab dan Surat Permohonan dari Kepala Sekolah.

GO.ID
Singkatan dari Government Indonesia, pemerintah Indonesia. Nama domain khusus untuk instansi atau lembaga pemerintahan, termasuk kementeria, pemerintah provinsi, pemeirntah kota, dan lembaga-lembaga negara lainnya. Syarat khusus: foto kopi KTP penanggung jawab, Surat permohonan di tanda tangani
oleh Sekjen/Sekmen/Sekut untuk Pemerintah Pusat.
 didunia :
  1. .PRO=profesional
  2. .Travel=Pariwisata
  3. .NET=jaringan
  4. .tv=Televisi
  5. .coop=koperasi
  6. .int=internasional
  7. .name=nama perorangan
  8. .jobs=sumberdaya manusia
  9. .arpa=address and routing parameter area
  10. .museum= museum
  11. .aero=industri pesawat terbang

Lokal (Indonesia)
1.     .go.id = organisasi kepemerintahan indonesia
2.     .mil.id = militer indonesia
3.     .co.id = perusahaan atau lembaga komersial indonesia
4.     .or.id = organisasi nirlaba indonesia
5.     web.id = untuk badan informal atau pribadi warga indonesia
6.     .net.id = untuk organisasi / umum atau situs internet indonesia
7.     .war.net.id = untuk warung internet indonesia
8.     .sch.id = untuk lembaga sekolah indonesia
9.     .ac.id = lembaga akademik indonesia (universitas)

Beberapa contoh domain yang paling banyak digunakan di dunia :
  • 3(site).com (Commercial), Biasa digunakan untuk situs komersil atau umum dan salah satu domain yang paling banyak digunakan di dunia.
  • (site).org (Organization), paling banyak digunakan oleh situs atau forum organisasi dan perkumpulan suatu komunitas di internet.
  • (site).info (Information), digunakan pada beberapa situs yang menyediakan sarana informasi dan jasa penyedia informasi.
  • (site).edu (Education), digunakan untuk situs pendidikan dan pengetahuan.
  • (site).gov (Government), digunakan untuk situs pemerintahan dan kementrian suatu negara atau daerah.
  • (site).mil (Military), digunakan oleh situs-situs pertahanan negara atau militer.

Sebagai Contoh Lainnya Macam-Macam Domain Internet Resmi Milik Pemerintahan Dan Perusahaan:
  • www.google.com - Mesin pencari Google.
  • www.yahoo.com - Mesin pencari Yahoo.
  • www.ipl.org - Internet Public Library di Internet.
  • www.plasa.com - Plasa milik Telkom.
  • www.diknas.go.id - Situs milik Departemen Pendidikan Nasional.
  • www.ristek.go.id - Situs milik Kantor Menteri Negara Riset dan Teknologi.
  • www.presidenri.go.id - Situs milik Bapak Presiden Republik Indonesia.
Jika kita perhatikan baik-baik, maka penamaan sebuah mesin mempunyai struktur tertentu. Mari kita lihat situs milik Bapak Presiden Republik Indonesia, Beberapa informasi yang dapat di peroleh dari nama tersebut adalah sebagai berikut :
www.presidenri.go.id
id:ID adalah Indonesia di Internet. ID biasanya di sebut Top Level Domain ( TLD ). Top Level Domain dapat mengindentifikasikan Negara dimana mesin tersebut terdaftar.
go:GO singkatan dari GOvernment. Artinya, situs ini adalah milik pemerintah.
presidenri:Nama dari institusi atau lembaga yang memliki situs tersebut. Kebetulan sekali lembaga tersebut adalah Presiden Republik Indonesia yang di singkat.
www:WWW atau World Wide Web. Memberitahukan bahwa mesin ini adalah sebuah server Web yang membawa banyak informasi untuk masyarakat di internet.

Kita juga mengenal Top Level Domain ( TLD ) milik Negara, Seperti Macam-Macam Domain Negara Berikut:
-A- .ac - Ascension Island .ad - Andorra .ae - United Arab Emirates .af - Afghanistan .ag - Antigua and Barbuda .ai - Anguilla .al - Albania .am - Armenia .an - Netherlands Antilles .ao - Angola .aq - Antarctica .ar - Argentina   .as - American Samoa .at - Austria .au - Australia .aw - Aruba .ax - Åland .az - Azerbaijan
-B- .ba - Bosnia and Herzegovina .bb - Barbados .bd - Bangladesh .be - Belgium .bf - Burkina Faso .bg - Bulgaria .bh - Bahrain .bi - Burundi .bj - Benin .bm - Bermuda .bn - Brunei Darussalam .bo - Bolivia .br - Brazil   .bs - Bahamas .bt - Bhutan   .bv - Bouvet Island .bw - Botswana .by - Belarus  .bz - Belize
-C- .ca - Canada .cc - Cocos (Keeling) Islands .cd - Democratic Republic of the Congo tadinya Zaire .cf - Central African Republic .cg - Republic of the Congo .ch - Switzerland .ci - Côte d’Ivoire .ck - Cook Islands .cl - Chile .cm - Cameroon .cn - China .co - Colombia .cr - Costa Rica .cu - Cuba .cv - Cape Verde .cx - Christmas Island .cy -Cyprus .cz - Czech Republic
-D- .de - Germany (Deutschland) .dj - Djibouti .dk - Denmark .dm - Dominica .do - Dominican Republic .dz - Algeria (Dzayer)
-E- .ec - Ecuador .ee - Estonia .eg - Egypt
.er - Eritrea .es - Spain (España) .et - Ethiopia .eu - European Union
-F- .fi - Finland .fj - Fiji .fk - Falkland Islands .fm - Federated States of Micronesia .fo - Faroe Islands   .fr - France
-G- .ga - Gabon   .gb - United Kingdom jarang digunakan, yang sering digunakan adalah .uk untuk United Kingdom. .gd - Grenada .ge - Georgia .gf - French Guiana .gg - Guernsey .gh - Ghana .gi - Gibraltar .gl - Greenland .gm - The Gambia .gn - Guinea .gp - Guadeloupe .gq - Equatorial Guinea .gr - Greece .gs - South Georgia and the South Sandwich Islands .gt - Guatemala .gu - Guam .gw - Guinea-Bissau .gy - Guyana
-H- .hk - Hong Kong .hm - Heard Island and McDonald Islands .hn - Honduras .hr - Croatia (Hrvatska) .ht - Haiti .hu - Hungary
-I- .id - Indonesia .ie - Ireland (Éire) .il - Israel .im - Isle of Man .in - India .io - British Indian Ocean Territory .iq - Iraq .ir - Iran .is - Iceland (Ísland) .it - Italy
-J- .je - Jersey .jm - Jamaica .jo - Jordan .jp - Japan
-K- .ke - Kenya .kg - Kyrgyzstan .kh - Cambodia (Khmer) .ki - Kiribati .km - Comoros .kn - Saint Kitts and Nevis .kp - North Korea .kr - South Korea .kw - Kuwait .ky - Cayman Islands .kz - Kazakhstan
-L- .la - Laos kini dipasarkan sebagai domain official untuk Los Angeles. .lb - Lebanon .lc - Saint Lucia   .li - Liechtenstein .lk - Sri Lanka .lr - Liberia .ls - Lesotho .lt - Lithuania .lu - Luxembourg .lv - Latvia .ly - Libya
-M- .ma - Morocco .mc - Monaco .md - Moldova .me - Montenegro .mg - Madagascar   .mh - Marshall Islands .mk - Republic of Macedonia .ml - Mali .mm - Myanmar .mn - Mongolia .mo - Macau Special administrative region dari People’s Republic of China. .mp - Northern Mariana Islands .mq - Martinique .mr - Mauritania .ms - Montserrat .mt - Malta .mu - Mauritius .mv - Maldives .mw - Malawi .mx - Mexico .my - Malaysia .mz - Mozambique
-N- .na - Namibia .nc - New Caledonia .ne - Niger .nf - Norfolk Island .ng - Nigeria .ni - Nicaragua .nl - Netherlands .no - Norway .np - Nepal .nr - Nauru .nu - Niue .nz - New Zealand
-O- .om - Oman
-P- .pa - Panama .pe - Peru .pf - French Polynesia dengan Clipperton Island .pg - Papua New Guinea .ph - Philippines   .pk - Pakistan .pl - Poland .pm - Saint-Pierre and Miquelon .pn - Pitcairn Islands .pr - Puerto Rico .ps - Palestinian territories di bawah kontrol PA yang meliputi Tepi Barat (West Bank) dan Jalur Gaza (Gaza Strip) .pt - Portugal .pw - Palau .py - Paraguay
-Q- .qa - Qatar
-R- .re - Réunion .ro - Romania .rs - Serbia .ru - Russia .rw - Rwanda
-S- .sa - Saudi Arabia .sb - Solomon Islands .sc - Seychelles .sd - Sudan .se - Sweden .sg - Singapore .sh - Saint Helena .si - Slovenia .sj - Svalbard dan Jan Mayen .sk - Slovakia .sl - Sierra Leone   .sm - San Marino .sn - Senegal .so - Somalia .sr - Suriname .st - São Tomé and Príncipe .su - Soviet Union .sv - El Salvador .sy - Syria .sz - Swaziland
-T- .tc - Turks and Caicos Islands .td - Chad .tf - French Southern and Antarctic Lands .tg - Togo .th - Thailand .tj - Tajikistan .tk - Tokelau .tl - East Timor .tm -  Turkmenistan .tn - Tunisia .to - Tonga .tp - East Timor .tr - Turkey .tt - Trinidad and Tobago .tv - Tuvalu .tw - Taiwan, Republic of China .tz - Tanzania
-U- .ua - Ukraine  .ug - Uganda   .uk - United Kingdom   .um - United States Minor Outlying Islands   .us - United States .uy - Uruguay .uz - Uzbekistan
-V- .va - Vatican City State  .vc - Saint Vincent and the Grenadines .ve - Venezuela .vg - British Virgin Islands .vi - U.S. Virgin Islands .vn - Vietnam .vu - Vanuatu
-W- .wf - Wallis and Futuna .ws - Samoa
-Y- .ye Yemen .yt Mayotte
-Z- .yu - Yugoslavia Kini digunakan untuk Serbia dan Montenegro .za - South Africa (Zuid-Afrika) .zm - Zambia .zw - Zimbabwe

  • Hasil yang diapat
Dapat memahami tentang nama domain dan jenis jenis domain

  • Temuan masalah
----------------------------------------------------------------------

  • Kesimpulan 
supaya anda mengerti tentang domain dan masih ada banyak domain yang bebas di pakai dan bisa dibeli ,nah itu tadi adalah kesimpulan domain 
  • Refrensi

sekian dari saya
waassalamu'alaikum wr wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Installasi Dan mengisi Wordpress Di Debian server 8.6.0

Cara Mengatasi GNS3 Yang Tidak bisa dibuka

Install Ftp Pada Debian 8.6.0