Pengenalan Cisco Packettracer

Assalamualaikum wr. wb
Disini saya akan sharing tentang "Pengenalan cisco Packettracer"


  • Judul
PengenalanCisco Packet tracer 

  • Pengetian
 Packet Tracer yaitu menyediakan simulasi jaringan yang real, namun terdapat beberapa batasan berupa penghilangan beberapa perintah yang digunakan pada alat aslinya yaitu pengurangan command pada Cisco IOS. Dan juga Packet Tracer tidak bisa digunakan untuk memodelkan jaringan produktif/aktif.

 
  • LATAR BELAKANG
saya mendapat Training dasar CISCo jadi saya juga harus mengerti apa saja yang ada di dalam CISCO
  • MAKSUD DAN TUJUAN
Tujuannya adalah supaya memahami Packettracer sebelum melakukan aktifitas dengan Packettracer

  • Hasil yang diharapkan
Agar paham tentang cisco packettracer

  • Alat dan bahan
laptop
Koneksi internet

  • Jangka waktu
35 menit

  • Langkah kerja
Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.

Packet Tracer memungkinkan kita untuk menciptakan sebuah jaringan dengan jumlah perangkat tak terbatas. Software ini sangat praktis digunakan untuk mendesain topolgi jaringan yang kita inginkan, disertai dengan berbagai perangkat-perangkat jaringan yang dibutuhkan pada suatu area network misal router, switch, hub maupun perangkat lainnya.Dengan dukungan dari banyak perangkat tersebut akan memudahkan kita dalam menentukan jenis perangkat jaringan yang akan kita gunakan pada topologi yang kita inginkan. Untuk  membuat sebuah konfigurasi jaringan bagi pemula, sebaiknya ditentukan dulu jenis device yang digunakan, berapa jumlahnya dan bagaimana bentuk konfigurasi jaringan tersebut pada kertas buram. Jenis-jenis kabel penghubung ditentukan berdasarkan aturan sebagai berikut : untuk mengkoneksikan peralatan yang berbeda, gunakan kabel straight-through router-switch router-hub pc-switch pc-hub untuk mengkoneksikan peralatan yang sama, gunakan kabel Cross-Over router-router router-pc switch-switch switch-hub Untuk   mengkonfigurasi  Router   melalui  PC   gunakan  kabel  Roll-Over  Pada konfigurasi perangkat-perangkat jaringan sangat  menentukan dalam  merangcang suatutopologi jaringan. Proses konfigurasi  merupakan bagian penting dalam susunanjaringan. P roses konfigurasi di masing- masing  device  diperlukan  untuk  mengaktifkan fungsi  dari  device  tersebut.  Proses konfigurasi meliputi pemberian IP  Address dan subnet  mask  pada  interface-interface  device (pada Router, PC maupun Server),pemberian Tabel Routing (pada  Router), pemberian   label nama dan sebagainya.Setelah proses konfigurasi dilakukan,  maka tanda bulatan  merah pada kabel yangterhubung dengan device tersebut berubah menjadi hijau. Ada 2 mode konfigurasiyang dapat dilakukan : mode GUI (Config mode) dan mode CLI (Command LineInterface). Contoh konfigurasi dengan mode GUI K lik device yang akan dikonfigurasi. Pilih menu Config. Klik  interface yang diinginkan. Isi IP Address dan subnet mask-nya.Lakukan hal yang sama untuk interface- interface dan device yang lain.

keuntungan :
1. mudah untuk diimplementasikan, karena topologinya sederhana.

2. tidak rumit.
3. biaya yang dikeluarkan sedikit/murah
4. bisa digunakan untuk tugas-tugas yang ringan, sperti sharing file sharing dll.

kekurangan :
-> Administrasi tidak terpusat
-> tidak ada kemananan yang menjaga suatu file, dapat diakses oleh komputer yang saling terhubung.
-> Ketika ada suatu penambahan perangkat pada suatu jaringan yang ada. Akan mengganggu pada perangkat yang sudah ada di jaringan tersebut.(not scalable)
-> semua perangkat akan terbebani peformanya karena satu perangkat komputer berperan sebagai client dan server yang akan membebaninya,

  • Temuan masalah
 Belum ada temuan masalah
  • KESIMPULAN
jika kita belum punya alat aslinya kita dapat mmenggunakan cisco packettracher
  •  HASIL YANG DIDAPAT
 Lebih mengetahui tentang cisco packet tracer

Sekian postingan saya
wassalamualaikum wr. wb 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Installasi Dan mengisi Wordpress Di Debian server 8.6.0

Cara Mengatasi GNS3 Yang Tidak bisa dibuka

Install Ftp Pada Debian 8.6.0