Cara Kerja Osi Layer dan kegunaanya

assalamu’alaikum wr wb.
Kali ini saya akan sharing tentang osi layer

                   
  •  Judul
 Cara Kerja Osi layey
     OSI Layer adalah suatu model yang diciptakan untuk menyatakan model jaringan yang melakukan interkoneksi tanpa memandang perangkat keras/hardware yang digunakan, sepanjang software komunikasi sesuai dengan standard. Hal ini secara tidak langsung menimbulkan modularity(dapat dibongkar pasang).”Modularity” mengacu pada pertukaran protokol di level tertentu tanpa mempengaruhi atau merusak hubungan atau fungsi dari level lainnya. Dalam sebuah layer, protokol saling dipertukarkan, dan memungkinkan komunikasi terus berlangsung. Pertukaran ini berlangsung didasarkan pada perangkat keras “hardware” dari vendor yang berbeda dan bermacam-macam alasan atau keinginan yang berbeda

Sebelum mengenal lebih lanjut sebaiknya mengenal osi layer ,karna sangat penting apa bila ada kesalahan pada sebuah jaringan metode yang kita lakukan haruss kita cek dengan Osi layer.


Megenal masing masing kegunaan osi layer




  • Hasil yang diharapkan
Dapat memahami kierja Osi layer

  • Alat dan bahan
Koneksi internet
Laptop

  • Jangka waktu
40 menit

  • Langkah Kerja

# Application Laye
r
       Menyediakan jasa untuk aplikasi pengguna. Layer ini bertanggungjawab atas pertukaran informasi antara program komputer,misal :http,email,nfs,smtp,www,ede (elektronik data intenchase)

Fungsi : sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan. Protokol yang berada dalam lapisan ini adalah HTTP, FTP, SMTP, dan NFS.

# Presentation Layer
      Bertanggungjawab bagaimana data dikonversi dan diformat untuk transfer data. Contoh konversi format text ASCII untuk dokumen, .gif dan JPG untuk gambar, dan lain sebagainya. Layer ini membentuk kode konversi, translasi data, enkripsi dan konversi.

Fungsi : Berfungsi untuk mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan.

# Session Layer
       Menentukan bagaimana dua terminal menjaga, memelihara dan mengatur koneksi. Pada layer ini juga dilihat bagaimana mereka saling berhubungan satu sama lain

Fungsi : untuk mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat, dipelihara, atau dihancurkan.

# Transport Layer
        Bertanggungjawab membagi data menjadi segmen, serta menjaga koneksi logika “end-to-end” antarterminal, dan menyediakan penanganan error (error handling).mencari jalur routing kosong untuk data.

      Fungsi : Mengatur alur (flow control) untuk menjamin bahwa perangkat yang mentransmisikan data tidak mengirimkan lebih banyak data,untuk memecah data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima
# Network Layer
      Bertanggungjawab menentukan alamat jaringan,yang berbentuk paket

Fungsi : untuk mendefinisikan alamat-alamat IP,

#Data Link Layer
       Menyediakan link untuk data, serta memaketkannya menjadi frame yang berhubungan dengan “hardware”, kemudian diangkut melalui media,(MAC Address) medium acces control address ,mengambil data dari kabel .(LLC) local lnk control,Melakukan pemeriksaan kesalahan & menangani transmisi frame.

Fungsi : untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokkan menjadi format yang disebut sebagai frame. Selain itu, pada level ini terjadi koreksi kesalahan, flow control, pengalamatan perangkat keras (seperti halnya Media Access Control Address (MAC Address))

# Physical Layer
      Bertanggungjawab atas proses data menjadi bit dan mentransfernya melalui media, seperti kabel,   dan menjaga koneksi fisik antar sistem

Fungsi :untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan (seperti halnya Ethernet atau Token Ring), topologi jaringan dan pengabela
 

  • Hasil yang didapatkan
memahami tentang kinerja osi layer

  • Temuan masalah 
---------------------------------------------------

  • Kesimpulan 
Kita dapat menemukan permasalahan dengan Osi layer ini 
  • Refrensi
- https://id.wikipedia.org/wiki/Model_OSI


Sekian dari saya
Wassalamu’alaikum wr wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Installasi Dan mengisi Wordpress Di Debian server 8.6.0

Cara Mengatasi GNS3 Yang Tidak bisa dibuka

Install Ftp Pada Debian 8.6.0